HIKARI GREEN

Kita memiliki sangat banyak cosplayer yang akan datang ke Ennichisai, baik dari Indonesia atau tidak, dan mereka akan menampilkan cosplay-cosplay mereka yang sangat mengagumkan. Dan sekarang, kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan, sang Financial Cosplayer, dengan pengalaman ber-cosplay lebih dari 17 tahun, pengalaman bekerja sebagai Ahli Ekonomi Profesional/pengalaman sebagai investor institusional selama lebih dari 10 tahun, dan seorang kolumnis resmi di Forbes Japan! Tidak ada yang menyamainya, Ia adalah Hikari Green!

Ensamblestars IzumiSena2.jpg

Q: “Halo Hikari-san!”
 

HG: “Halo!”

 

Q: “Pertama-tama, tolong perkenalkan diri anda kepada para pembaca kami!”

 

HG: “Nama saya Hikari Green, dan saya sudah menjadi cosplayer selama 17 atau 18 tahun. Dan saya sudah pernah mengunjungi Indonesia 10 tahun lalu selama beberapa bulan, jadi saya bisa Bahasa Indonesia sedikit-sedikit! Saya juga seorang Otaku dan Fujoshi selama lebih dari 20 tahun. Saya sudah bepergian ke lebih dari 50 negara dengan backpack, dan ke 10 negara untuk kompetisi cosplay. Saya sudah bekerja lebih dari 10 tahun sebagai seorang Ahli Ekonomi dan inverstor institusional di Mitsui Sumitomo Bank, dan akhirnya saya memutuskan untuk menjadi independent tahun lalu!”

Q: “Terima kasih, Hikari-san! Saya penasaran nih, apa sih yang membuat Hikari-san memutuskan untuk mulai ber-cosplay?”

 

HG: “Alasannya berkaitan dengan masa lalu, ketika saya masih seorang pelajar. Dulu saya di-bully karena saya memiliki penyakit, dan mereka sangat kejam. Orang-orang tidak mau berbicara kepada saya, dan saya merasa sangat kaget. Saya tidak memiliki tempat untuk merasa nyaman. Lalu suatu hari ketika saya mengunjungi sebuah pameran, saya menemui seorang cosplayer senior yang mengajak saya untuk berfoto bersama. Dia mengatakan bahwa saya imut. Pengalaman itu mendorong saya untuk berubah, dan saya memutuskan untuk mulai ber-cosplay.”

 

Q: “Jadi, cosplay mengubah hidup Hikari-san?”
 

HG: “Ya, cosplay menjadi hidup saya. Cosplay sangatlah berarti bagi saya.”

 

Q: “Untuk seseorang dapat berkembang dan menjadi seseorang yang mengagumkan setelah pencobaan seperti itu, sangatlah mengejutkan. Tapi yang tidak kalah mengagumkan adalah Hikari-san dinamai seorang Financial Cosplayer. Apa komentar Hikari-san terhadap nama tersebut?”

 

HG: “Saya senang bahwa saya dinamai Financial Cosplayer, karena saya adalah orang satu-satunya yang memiliki nama ini. Dari sisi finansial, banyak orang-orang yang menginginkan untuk menyebarkan pengetahuan tentang finansial, tetapi tidak banyak anak muda di Jepang yang ingin mengetahui tentang finansial. Dengan menghubungkan cosplay dan finansial, saya berharap saya dapat menarik lebih banyak orang untuk memiliki keingintahuan tentang finansial. Saya juga berusaha untuk memperkenalkan dunia cosplay kepada dunia bisnis.”

2017年07月15日13時19分13秒.jpg

Q: “Uh... saya terkejut lho dengan betapa amazing nya Hikari-san. Serius!”
 

HG: “Terima kasih!”

 

Q: “Disamping Financial Cosplayer, Hikari-san juga seorang Fujoshi (istilah Jepang yang digunakan untuk menyebut penggemar wanita manga dan novel yang menampilkan hubungan romantis antara laki-laki)dengan sejarah sepanjang lebih dari 20 tahun. Tapi apakah Hikari-san ingat, apa yang membuat Hikari-san menjadi seorang Fujoshi ?

HG: “Ya! Cerita ini berhubungan dengan sebuah majalah kecil yang saya dapatkan dari sebuah toko buku ketika saya masih muda. Majalah tersebut adalah majalah fanart  Samurai X. Saya mengambil majalah tersebut karena halaman depannya merupakan Samurai X. Tetapi yang tidak saya ketahui, ketika saya membuka majalah tersebut, yang ada didalam majalah tersebut adalah konten Yaoi , Saya sangat terkejut! Isi majalahnya sangat erotis, dan saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Tetapi setelah beberapa lama, saya menjadi tertarik dengan konten yang seperti itu!
 

Q: “Selama ini, saya mengira bahwa cerita tersebut hanya ada didalam anime, tetapi sepertinya saya salah... jadi Hikari-san, apakah menjadi seorang Fujoshi mempengaruhi pilihan cosplay Hikari-san?”

 

HG: “Tentu. Alasan saya melakukan cosplay adalah saya sangat senang mengcosplay karakter-karakter ikemen . Di Jepang, ikemen sangatlah sedikit, jadi saya ingin membuat ikemen sebanyak mungkin. Dan terkadang, saya suka membuat pasangan yaoi dengan teman saya. Karena kamu juga tahu, karakter di anime terlalu cantik!”

 

Q: “Jika tidak ada, maka buatlah sendiri. Bisa juga... Tapi saya yakin bahkan seorang Hikari-san memiliki ikemen favorit?”

 

HG: “Ya! Dia adalah seorang karakter dari “Hetalia: Axis Powers”, America. Saya sudah mengcosplay dia terlalu banyak... saya sudah mengcosplay seluruh pakaian yang dia miliki. America juga adalah alasan saya dapat menemui banyak cosplayer lain, karena cosplay saya tersebar sangat luas setelah saya mengupload foto cosplay America ke DeviantArt.”

Q: “Hmm baik baik. Jadi selama bercosplay selama 17 tahun, menurut Hikari-san, apakah pencapaian Hikari-san yang terbesar?

 

HG: “Aah.. menurut saya, saya memiliki dua pencapaian. Pertama, saya merasa bahwa tidak banyak orang Jepang yang dapat berbicara Bahasa Inggris dan bahasa lain, dan saya sudah pernah mengunjungi banyak pameran di luar negeri. Menurut saya itulah pencapaian saya yang terbesar. Dalam sepuluh tahun lalu, saya mengunjungi Jerman, Spanyol, Thailand, dan sangat banyak pameran lainnya. Orang-orang juga mengatakan bahwa saya adalah orang Jepang yang pertama yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang asing, dan saya senang. Yang kedua, saya pernah bekerja dengan salah satu bank terbesar di Jepang selama 10 tahun sebagai seorang Ahli Ekonomi Profesional dan investor institusional. Saya merasa saya dapat menjadi sebuah jembatan penghubung antara dunia cosplay dengan dunia bisnis Jepang. Saya merasa ini adalah pencapaian saya yang terbesar didalam dunia cosplay. Tidak hanya itu, dapat menulis untuk Forbes Japan dan banyak artikel bisnis lainnya setelah menjadi independent.”

 

Q: “Seperti yang diharapkan dari Financial Cosplayer! Hikari-san, setelah bepergian ke banyak pameran cosplay, menurut Hikari-san, sudah seberapa jauhkah cosplay berkembang sejak Hikari-san mulai bercosplay?”

 

HG: “Nah, yang ini menarik. Karena di awal, cosplay merupakan sesuatu yang sangat tertutup. 17 tahun lalu, informasi tentang cosplay sangatlah susah didapatkan. Cosplay sangatlah kecil dan tertutup. Tapi sekarang, cosplay sudah sangat mainstream. Semua orang Jepang mengetahui tentang cosplay. Bahkan orang-orang non-Otaku juga mengenakan kostum karena mereka ingin bercosplay. Dulu, cosplay sangat didiskriminasi, karena orang Jepang berpikir bahwa cosplay itu aneh. Bahkan jika dulu saya mengaku-ngaku bahwa saya seorang cosplayer, orang-orang hanya akan bertanya balik, apakah saya sehat, dan memandang saya sebagai orang aneh. Tapi sekarang, sudah banyak orang di seluruh dunia yang bercosplay, dan cosplay sudah mulai dikenali dimana-mana.”

Q: “Saya tidak pernah berpikir seperti itu. Saya terekspos kepada cosplay sekitar 10 tahun lalu. Tapi kalau saya melihat kembali, saya rasa tidak banyak orang Indonesia yang mengenali cosplay 10 tahun lalu. Setelah mendengar jawaban Hikari-san, saya setuju bahwa sudah sangat banyak orang-orang yang terekspos kepada cosplay. Mata saya sekarang sudah terbuka.”

 

HG: “Saya senang kamu mengerti!”

 

Q: “Jadi Hikari-san, setelah bertahun-tahun menjadi seorang cosplayer dan juri kompetisi cosplay, saya merasa Hikari-san adalah seorang senior di dunia cosplay. Apakah Hikari-san memiliki tips atau trik kepada teman-teman di komunitas cosplay?

 

HG: “Orang-orang memiliki preferensi mereka sendiri dalam melakukan cosplay. Tapi saya percaya, bahwa semangat dan rasa cinta kepada karakter yang seseorang cosplay adalah yang terpenting. Tidak untuk menjadi cosplay yang sempurna atau paling imut, tetapi semangat adalah yang membuat orang-orang dapat menikmati bercosplay. Walaupun dalam penilaian juri, kita memiliki poin untuk ketepatan karakter dan pertunjukan nya, namun tetap saya rasa, rasa cinta dan semangat terhadap suatu karakter adalah yang paling penting.”

portrait4.jpeg

Q: “Saya setuju. Cosplay tanpa semangat hanyalah seseorang yang mengenakan kostum. Mumpung kita masih membahas komunitas cosplay, Hikari-san sekarang sedang membantu World Cosplay Summit. Bisakah Hikari-san memberitahu kita hubungan Hikari-san dan World Cosplay Summit?”

 

HG: “Ya, jadi hubungan itu terjadi ketika saya menjadi independent. Banyak media yang menulis tentang saya, dan saya menjadi sedikit terkenal. Lalu, WCS (World Cosplay Summit) memiliki ketertarikan terhadap pengalaman bercosplay dan karir saya sebagai finance. Setelah berdiskusi selama lebih dari 1 tahun, saya menentukan untuk bergabung dengan WCS, sebagai seorang penasehat atau partner karena saya memiliki pengetahuan tentang finansial dan bisnis jadi saya dapat membantu mereka berkembang dari sisi finansial/bisnis. Karir dan koneksi saya juga membantu mereka untuk berhubungan dengan pebisnis Jepang. Dan juga, saya mengetahui tentang cosplay di dunia, jadi saya ingin berkontribusi untuk memberitahu cosplay ke seluruh dunia.”

 

Q: “Oh, apakah Hikari-san mengetahui bahwa Indonesia memenangkan juara 2 di WCS tahun lalu?”

 

HG: “Ya! Saya sangat terkejut dengan penampilan dan kostum tim Indonesia. Mereka sangat mengagumkan! Saya juga mendapat kesempatan untuk berbicara dengan mereka, dan mereka sangatlah ramah. Saya sangat senang dapat berbicara dengan mereka, dan saya juga sangat semangat untuk datang ke Indonesia tahun ini.”

 

Q: “Kita juga sangat menantikan kunjungan Hikari-san ke Indonesia! Tadi Hikari-san juga mengatakan bahwa Hikari-san pernah berkunjung ke Indonesia. Bisakah Hikari-san menceritakan pengalaman Hikari-san di Indonesia?”
 

HG: “Ketika saya masih seorang mahasiswa, saya memiliki sebuah riset tentang ekonomi Indonesia selama 2 tahun. Lalu saya juga melakukan riset ke Indonesia selama lebih dari satu bulan, dan saya tinggal di Kampung Pengeragoan, Bali. Setelah itu, saya juga sempat berkunjung ke Jakarta dan Jogjakarta. Pada saat itu, saya sudah mempelajari tentang Indonesia dari buku-buku, seperti politik dan ekonomi Indonesia. Dan saya juga sempat belajar Bahasa Indonesia, jadi saya dapat sedikit berbicara dengan Bahasa Indonesia. Dan setelah tinggal di Indonesia selama lebih dari sebulan, saya jatuh cinta dengan Indonesia. Sudah 10 tahun sejak saya berkunjung ke Indonesia, dan saya kangen Indonesia!”

Q: “Bagaimana pendapat Hikari-san tentang Indonesia, dibanding dengan negara lain?”

HG: “Saya merasa Indonesia memiliki banyak sekali energi... Indonesia memiliki banyak orang, dan orang-orang muda di Indonesia memiliki banyak energi dan semangat. Saya kira itu sedikit berbeda dengan negara lain? Dan saya juga kangen dengan makanan Indonesia, seperti Nasi Goreng, Mie Goreng, Pisang Bakar, Mangga, dan banyak lagi!”

 

Q: “Jadi karena Hikari-san akan mengunjungi Indonesia untuk mengikuti Ennichisai tahun ini, bagaimana ceritanya Hikari-san dapat mengetahui Ennichisai dan menentukan untuk datang?”

 

HG: “Saya sudah memiliki beberapa teman cosplayer dari Indonesia sejak 10 tahun lalu dari DeviantArt, dan saya sebenarnya sudah mengetahui tentang pameran terbesar di Indonesia sejak tahun lalu. Mereka menceritakan kepada saya tentang Ennichisai, dan saya sangat senang karena akhirnya saya dapat datang ke Indonesia.”

 

Q: “Apakah Hikari-san memiliki pesan kepada teman-teman kita yang berencana datang ke Ennichisai tahun ini?”

 

HG: “Untuk datang ke Indonesia dan menjadi tamu di Ennichisai sangatlah berarti bagi saya, dan saya juga sangat senang untuk memiliki kesempatan bertemu dengan cosplayer-cosplayer di Indonesia. Saya sangat menantikan Ennichisai!”

 

Q: “Terima kasih untuk interview nya, Hikari-san! Saya berharap yang terbaik buat Hikari-san!”

 

HG: “Terima kasih!”

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang Hikari Green, kalian bisa pergi ke (http://hikarigreen.com/profiles). Untuk cosplay dan foto-foto Hikari Green, kalian bisa mengakses (https://www.instagram.com/hikari_green/) atau (https://www.facebook.com/HikariGreen/). Kalian juga bisa membaca artikel-artikel Hikari Green di (https://otakuhikari.com/?cat=39), atau artikel Forbes Hikari Green dalam bahasa inggris di (https://otakuhikari.com/?cat=21). Hikari Green juga memiliki arsip perjalanan berkeliling dunia di (https://otakuhikari.com/?page_id=467). Tidak hanya itu, Hikari Green juga memiliki sebuah website khusus untuk kreasi musiknya di (http://www016.upp.so-net.ne.jp/hikarigreen/).

 

Sampai bertemu di artikel berikutnya!

"Interviewed by Harris Sentanu"

_DSC1226.jpg

MEDIA

SUPPORTED BY

ORGANIZED BY

Ennichisai Committee

Yayasan Ennichisai Seni Budaya

SPONSOR

© 2019 Ennichisai Blok M Committee 

  • Ennichisai Blok M
  • Ennichisai Blok M